Selasa, 04 Maret 2014

Cara Memperbaiki Flashdisk Error

Cara Memperbaiki Flashdisk Error

  name   title
Flashdisk
Cara Memperbaiki Flashdisk Error
Zaman sekarang media penyimpanan data semakin sederhana saja, mulai dari flashdisk, hardisk eksternal, hingga kartu memori. Walau canggih namun barang-barang ini juga bisa rusak atau error. Karena barang-barang ini adalah media penyimpanan data maka tentunya akan sayang sekali bila rusak atau tidak bisa digunakan, apalagi data yang tersimpan terbilang penting.
Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang banyak dipilih orang karena sederhana, kecil,  ringan, dan mudah digunakan. Namun alat andalan simpan data ini juga kadang bisa rusak dan tidak bisa digunakan. Permasalahan umum seperti saat Anda tancapkan flashdisk ke komputer Anda, drive terbaca namun tidak bisa diakses dan muncul tulisan “Please insert a disk into drive” atau bahkan tidak terbaca samasekali mungkin pernah Anda alami.
Bila Anda pernah mengalami hal ini dan mencari cara memperbaikinya, mungkin Anda bisa mencoba cara perbaiki flashdisk error sebagai berikut:
  1. Format flashdisk atau perbaiki flashdisk dengan software. Ada beberapa cara dalam melakukan format pada flashdisk, Windows pun menyediakan fasilitas ini. Namun bila fasilitias bawaan Windows ini tidak berhasil Anda bisa coba aplikasi alternatif seperti HP USB Disk Storage Format Tool dan Low Level Format. Bila tidak berhasil Anda bisa coba memperbaiki flashdisk Anda dengan software khusus memperbaiki flashdisk seperti Super Stick Recovery Tools dan Seatools.
  2. Program ulang kontroler IC  Flashdisk. Apabila cara-cara di atas belum berhasil Anda bisa mencoba cara lain dengan melakukan low level format flashdisk sekaligus program ulang IC Controller-nya.
  3. Download software IC Controller seri flashdisk. Download program yang sesuai dengan seri IC Controller flashdisk Anda. Anda bisa membongkar flashdisk Anda dan melihatnya di dalam. Setelah selesai download, misalkan seri IC Anda ALCOR, ekstrak dan jalankan ALCORMP.EXE.
  4. Format flashdisk. Klik menu “Setup”, jika diminta password klik “OK” saja. Lalu ganti “Scan Mode” jadi “Low Lever Format”. Selanjutnya klik “Start” untuk menjalankan proses dan tunggu hingga selesai. Dalam hitungan menit flashdisk Anda akan selesai terformat.
  5. Format ulang dengan fasilitas format Windows. Setelah proses format selesai, ulangi proses format namun kali ini dengan fasilitas format bawaan Windows. Apabila semua berjalan lancar maka kini flashdisk Anda bisa digunakan secara normal kembali.
Kini flashdisk Anda sudah sehat kembali, cara ini juga bisa diterapkan pada permasalan lain seperti kapasitas flashdisk hanya 0kb, flashdisk tidak bisa menyimpan data, dan sebagainya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar