Selasa, 04 Maret 2014

cara memperbaiki trackball handphone

Cara memperbaiki trackball handphone

hp01.jpghp02.jpghp03.jpghp04.jpg

Handphone yang memiliki TrackBall jauh lebih sensitif dibanding Handphone yang memiliki tombol keypad untuk menggeser kursor ke atas, bawah, kiri atau kanan. Kerusakan yang sering terjadi pada HP yang memiliki TrackBall ini, tombol TrackBall sering macet (tidak berfungsi).
Prinsip kerja TrackBall hampir sama dengan Mouse komputer yang bekerja dengan system sensor gerak. Komponen sebagai tranduser sensor gerak ini yaitu IC. IC TrackBall ada 4 buah. 2 Buah terletak disamping kiri, 2 buah terletak disamping kanan, dan yang tengah diantara IC ini adalah tombol keypad (liat gambar no2 diatas).
Pada TrackBall (gambar no3) terdapat 4 buah roda yang terbuat dari karet. Roda ini menempel pada IC sensor yang fungsinya untuk menggerakan kursor. Prinsip kerja TrackBall: ketika TrackBall diputar kebawah, roda Trackball bergerak menyentuh IC sensor bagian bawah sehingga IC sensor ini akan membawa perintah ke bagian progam untuk menggerakkan kursor kebawah. Begitupun sebaliknya ke atas, ke kiri atau ke kanan.
Trackball yang tidak berfungsi (macet) disebabkan karena:
1. Roda TrackBall tidak berputar
2. Roda TrackBall atau IC sensor kotor
Cara memperbaikinya cukup mudah dan sederhana. Cara memperbaiki TrackBall HP ikuti langkah berikut:
1. Buka semua Cassing HP
2. Bersihkan roda TrackBall dan IC sensor dengan kuas halus
3. Jika masih tidak berfungsi kemungkinan pengait roda TrackBall terlepas. Selanjutnya buka plat pada TrackBall
4. Sambungkan pengait roda TrackBall yang terlepas tersebut
5. Setelah selesai, pasang kembali plat TrackBall Jika langkah tersebut Anda lakukan secara benar dan Hati-hati, Insya Allah TrckBall Anda akan berfungsi kembali.
Sekarang saatnya Anda mencoba !!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar